Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Padang Pariaman Lakukan Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024

Pemberian materi oleh narasumber pada kegiatan Evaluasi Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Padang Pariaman melakukan kegiatan evaluasi pengawasan pemilihan umum tahun 2024 bersama panwascam dan staf sekretariat se Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (5/3).

 Dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin menekankan pentingnya bawaslu dan jajaran evaluasi pengawasan yang telah di lakukan semasa pileg dan pilpres lalu dalam menyonsong tahapan pilkada 2024 di padang pariaman. Evaluasi perlu penekan terhadap kinerja sebagai pengawas pemilu yang mempunyai integritas.

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin dalam sambutannya mengatakan fungsi pengawasan pemilu ke depan harus kuat mengingat pilkada locusnya ada kedaerahan tentu perlu peran Bawaslu perlu di tingkatkan.

“Selama ini ada celah yang perlu kita sisipi agar terwujudnya pilkada yang berintegritas dan mengawal suara rakyat sebagai saluran yang dapat melahirkan pemimpin yang didaulat oleh masyarakat Padang Pariaman dan tegaknya demokrasi dalam pilkada,” kata Ketua Bawaslu Padang Pariaman di hadapan Panwascam dan staf se Padang Pariaman.

 “Melalui kegiatan evaluasi ini merupakan bentuk keseriusan bawaslu dalam menghadapi pilkada sudah di depan mata maka perlu penguatan kita di bawaslu dalam menjalankan fungsi mengawasi, pencegahan dan penindakan. Hal ini perlu di iringi penguatan kelembagaan dan sdm panwascam tingkat kecamatan,” imbuh Ketua Bawaslu.

Kegiatan evaluasi ini dihadiri akademisi sebagai narasumber untuk penguatan SDM di kelembagaan Panwascam yakni DR. Hary Efendi Iskandar S.S. MA Direktur Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas Padang dan Hanny Fanisa M.Pd.

Hary Efendi Iskandar menegaskan pentingnya memperkuat pengetahuan kelembagaan Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu baik pemahaman kepemiluan serta kemampuan mebangun interaksi komukatif dan sosial di tengah masyarakat selain menyampaikan fungsi pengawasan bawaslu maupun mengajak pengawasan partisipatif masyarakat bersama bawaslu perlu di lakukan, agar edukasi politik berjalan di tengah masyarakat.

 Hary Efendi Iskandar mengingatkan bagi para panwascam perlu meningkatkan kinerja ke depan agar lembaga Bawaslu sebagai pengawas pemilu bekerja dengan baik. Panwascam jangan takut dan gentar dalam melakukan tindakan dimana pelanggaran pemilu terjadi. Peran ini yang harus di tanamakan dalam jiwa pengawas pemilu.

“Hari ini lembaga Bawaslu di tuntut integritasnya dalam melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsi pengawas pemilu. Evaluasi pengawasan hari ini sangat baik dalam mengahadapi Pilkada 2024 tahun ini akan dingelar di Padang Pariaman. Kita tunggu gerakan pengawasan Bawaslu Padang Pariaman pada Pilkada 2024 ini,” katanya.(*)

Sumber : https://harianhaluan.id/politik/hh-79195/bawaslu-padang-pariaman-lakukan-evaluasi-pengawasan-pemilu-2024/